Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran :TIK
Semester/Angkatan : 1/2012-2013
Program :
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/Bahan
|
Nilai Karakter
|
Melakukan operasi dasar komputer
|
1.1. Mengaktifkan dan mematikan komputer sesuai
dengan prosedur yang benar
|
Operasional Komputer sesuai dengan
prosedur
|
TM :
1.
Mencermati Perangkat computer sesuai
dengan prosedur
2.
Mengenal cara-cara untuk Mengaktifkan
& Mematikan komputer sesuai prosedur
PT :
Menugaskan kepada siswa untuk Mengaktifkan dan mematikan
Notebook/netbook
KMTT :
Menugaskan kepada siswa untuk membaca Literatur dari
Internet mengenai Operasional Komputer.
|
1.1.1.
Mengidentifikasi komputer sesuai
dengan prosedur
1.1.2.
Mengaktifkan & Mematikan
komputer sesuai prosedur
|
·
Tes Tertulis
·
Non Test
|
45’
45’
|
·
Seperangkat komputer
·
Buku komputer
·
LCD (Menuliskan judul buku tanpa halaman, maka
dinamakan sumber,apabila lengkap disertai judul,pengarang & halaman maka
dinamakan bahan)
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Rasa Ingin Tahu
·
Teliti
·
Tanggung Jawab
·
Gemar Membaca
·
Mandiri
·
Demokratis
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/ Bahan
|
Nilai Karakter
|
Melakukan operasi dasar komputer
|
1.2. Menggunakan perangkat lunak beberapa program aplikasi
|
Pengenalan
macam-macam Perangkat Lunak
|
TM :
1.
Mencermati macam-macam Perangkat Lunak
2.
Mengenal cara-cara untuk menggunakan perangkat lunak beberapa
program aplikasi
PT :
Menugaskan
kepada siswa untuk menggunakan perangkat lunak beberapa program aplikasi
KMTT :
Menugaskan kepada siswa untuk mencari literatur/sumber dari
internet mengenai beberapa program aplikasi beserta fungsinya
|
1.1.1. Menjelaskan definisi dari perangkat lunak
1.1.2. Menggunakan Perangkat Lunak
|
·
Tes Tertulis
·
Non Test
|
45’
45’
|
·
Seperangkat komputer
·
Buku komputer
·
LCD (Menuliskan judul buku tanpa halaman, maka
dinamakan sumber,apabila lengkap disertai judul,pengarang & halaman maka
dinamakan bahan)
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Rasa Ingin Tahu
·
Teliti
·
Tanggung Jawab
·
Gemar Membaca
·
Mandiri
·
Demokratis
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/ Bahan
|
Nilai Karakter
|
Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan
teknologi informasi dan komunikasi
|
2.1.
Mendeskripsikan fungsi, proses kerja komputer dan telekomunikasi serta
berbagai peralatan teknologi dan informasi
|
·
Proses Kerja komputer
· Pengenalan macam-macam perangkat Teknologi
& Informasi
|
TM :
1. Mencermati proses kerja computer
2. Menguraikan proses
kerja computer
3. Mencermati macam-macam
Perangkat TI
4. Menguraikan fungsi-fungsi
perangkat TI
PT :
Menugaskan kepada siswa untuk menguraikan proses kerja computer & fungsi-fungsi perangkat TI
KMTT :
Menugaskan kepada siswa untuk mencari literatur/sumber dari
internet mengenai beberapa perangkat TI yang belum pernah dijelaskan
|
2.1.1.
Mengidentifikasi
proses kerja computer
2.1.2.
Menjelaskan proses
kerja computer
2.1.3.
Mengidentifikasi
macam-macam Perangkat TI
2.1.4.
Menjelaskan
fungsi-fungsi perangkat TI
|
·
Tes Tertulis
·
Non Test
|
45’
45’
45’
45’
|
·
Seperangkat komputer
·
Buku komputer
·
LCD (Menuliskan judul buku tanpa halaman, maka
dinamakan sumber,apabila lengkap disertai judul,pengarang & halaman maka
dinamakan bahan)
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Rasa Ingin Tahu
·
Teliti
·
Tanggung Jawab
·
Gemar Membaca
·
Mandiri
·
Demokratis
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/ Bahan
|
Nilai Karakter
|
Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan
teknologi informasi dan komunikasi
|
2.2.
Menjelaskan fungsi kerja dan cara kerja
jaringan telekomunikasi (wireline, wireless, modem dan satelit)
|
·
Fungsi
Jaringan Telekomunikasi
·
Cara Kerja
Jaringan Telekomunikasi
|
TM :
1.
Mencermati Fungsi Jaringan Telekomunikasi
2. Menguraikan Fungsi
Jaringan Telekomunikasi
3. Mencermati Cara Kerja Jaringan Telekomunikasi
4. Menguraikan Cara Kerja Jaringan Telekomunikasi
PT :
Menugaskan
kepada siswa untuk menguraikan Fungsi Jaringan Telekomunikasi &
Cara
Kerja Jaringan
Telekomunikasi
KMTT :
Menugaskan kepada siswa untuk mencari literatur/sumber dari
internet mengenai beberapa perangkat jaringan telekomunikasi yang belum
pernah dijelaskan disertai fungsinya
|
2.2.1. Mengidentifikasi Fungsi
Jaringan Telekomunikasi
2.2.2. Menjelaskan Fungsi Jaringan Telekomunikasi
2.2.3. Mengidentifikasi Cara Kerja Jaringan Telekomunikasi
2.2.4. Menjelaskan Cara Kerja Jaringan
|
·
Tes Tertulis
·
Non Test
|
45’
45’
|
·
Seperangkat komputer
·
Buku komputer
·
LCD (Menuliskan judul buku tanpa halaman, maka
dinamakan sumber,apabila lengkap disertai judul,pengarang & halaman maka
dinamakan bahan)
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Rasa Ingin Tahu
·
Teliti
·
Tanggung Jawab
·
Gemar Membaca
·
Mandiri
·
Demokratis
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/ Bahan
|
Nilai Karakter
|
Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan
teknologi informasi dan komunikasi
|
2.3. Mendemostrasikan fungsi dan cara kerja perangkat
lunak dan aplikasi teknologi
informasi dan komunikasi
|
·
Fungsi
Perangkat Lunak
·
Cara Kerja
Perangkat Lunak
|
TM :
1.
Mencermati Fungsi Perangkat Lunak
2.
Menguraikan Fungsi
Perangkat Lunak
3.
Menguraikan Cara Kerja perangkat
lunak
4. Mengenal
cara-cara
untuk menggunakan Perangkat Lunak
PT :
Menugaskan
kepada siswa untuk menggunakan beberapa Perangkat Lunak
KMTT :
Menugaskan kepada siswa untuk mencari literatur/sumber dari
internet mengenai beberapa perangkat lunak Microsoft Office disertai
fungsinya.
|
2.3.1. Mengidentifikasi Fungsi
Perangkat Lunak
2.3.2. Menjelaskan Fungsi Perangkat Lunak
2.3.3. Menjelaskan
cara kerja perangkat lunak
2.3.4. Menggunakan
Perangkat Lunak
|
·
Tes Tertulis
·
Non Test
|
45’
45’
|
·
Seperangkat komputer
·
Buku komputer
·
LCD (Menuliskan judul buku tanpa halaman, maka
dinamakan sumber,apabila lengkap disertai judul,pengarang & halaman maka
dinamakan bahan)
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Rasa Ingin Tahu
·
Teliti
·
Tanggung Jawab
·
Gemar Membaca
·
Mandiri
·
Demokratis
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/ Bahan
|
Nilai Karakter
|
Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan
komunikasi
|
3.1. Menerapkan
aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap perangkat keras dan
perangkat lunak
|
Etika & Moral terhadap perangkat keras dan perangkat lunak
|
TM :
1. Mencermati pentingnya Etika & Moral terhadap perangkat keras dan perangkat
lunak
2. Menguraikan pentingnya Etika & Moral terhadap perangkat keras
dan perangkat lunak
PT :
Menugaskan kepada siswa untuk Menguraikan
pentingnya Etika & Moral terhadap perangkat keras
dan perangkat lunak
KMTT :
Menugaskan kepada siswa untuk mencari literatur/sumber dari
internet mengenai etika & Moral terhadap penggunaan
perangkat keras dan perangkat lunak
|
3.1.1. Mengidentifikasi Etika & Moral terhadap perangkat keras dan
perangkat lunak
3.1.2.
Menjelaskan Etika & Moral terhadap
perangkat keras dan perangkat lunak
|
·
Tes Tertulis
·
Non Test
|
45’
|
·
Seperangkat komputer
·
Buku komputer
·
LCD (Menuliskan judul buku tanpa halaman, maka dinamakan
sumber,apabila lengkap disertai judul,pengarang & halaman maka dinamakan
bahan)
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Rasa Ingin Tahu
·
Teliti
·
Tanggung Jawab
·
Gemar Membaca
·
Mandiri
·
Demokratis
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/ Bahan
|
Nilai Karakter
|
Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan
komunikasi
|
3.2.
Memperagakan prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan
Kerja (K3)
|
Prinsip-prinsip
Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
|
TM :
1. Mencermati prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
2. Menguraikan prinsip-prinsip Kesehatan dan
Keselamatan Kerja (K3)
PT :
Menugaskan
kepada siswa untuk menguraikan prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
KMTT :
Menugaskan kepada siswa untuk mencari
literatur/sumber dari internet mengenai prinsip-prinsip
Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
|
3.2.1.
Mengidentifikasi prinsip-prinsip Kesehatan dan
Keselamatan Kerja (K3)
3.2.2. Menjelaskan
prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
|
·
Tes Tertulis
·
Non Test
|
45’
90’
|
·
Seperangkat komputer
·
Buku komputer
·
LCD (Menuliskan judul buku tanpa halaman, maka
dinamakan sumber,apabila lengkap disertai judul,pengarang & halaman maka
dinamakan bahan)
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Rasa Ingin Tahu
·
Teliti
·
Tanggung Jawab
·
Gemar Membaca
·
Mandiri
·
Demokratis
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/ Bahan
|
Nilai Karakter
|
Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan
komunikasi
|
3.3.
Menghargai
pentingnya hak cipta atas Kekayaan intelektual (HAKI)
|
Hak cipta atas Kekayaan intelektual (HAKI)
|
TM :
1.
Mencermati Hak cipta atas Kekayaan intelektual (HAKI)
2.
Menguraikan Hak cipta atas Kekayaan intelektual (HAKI)
PT :
Menugaskan
kepada siswa untuk menguraikan Hak cipta atas Kekayaan intelektual (HAKI)
KMTT :
Menugaskan kepada siswa untuk mencari
literatur/sumber dari internet mengenai Hak Cipta, Hak
Paten dll.
|
3.3.1. Mengidentifikasi Hak cipta atas Kekayaan intelektual (HAKI)
3.3.2.Menjelaskan Hak cipta atas Kekayaan intelektual
(HAKI)
|
·
Tes Tertulis
·
Non Test
|
45’
90’
|
·
Seperangkat komputer
·
Buku komputer
·
LCD (Menuliskan judul buku tanpa halaman, maka
dinamakan sumber,apabila lengkap disertai judul,pengarang & halaman maka
dinamakan bahan)
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Rasa Ingin Tahu
·
Teliti
·
Tanggung Jawab
·
Gemar Membaca
·
Mandiri
·
Demokratis
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/ Bahan
|
Nilai Karakter
|
Menggunakan Operasi
Dasar System (OS) komputer
|
4.1.
Melakukan operasi dasar pada Operating System (OS) komputer
|
Operasi
dasar pada Operating System (OS)
komputer
|
TM :
1.
Mencermati operasi dasar pada Operating System (OS) komputer
2.
Mengenal cara-cara untuk Menggunakan operasi dasar pada Operating System (OS) komputer
PT :
Menugaskan
kepada siswa untuk Menggunakan operasi dasar pada Operating System (OS) komputer
KMTT :
Menugaskan kepada siswa untuk mencari
literatur/sumber dari internet mengenai operasi dasar pada Operating
System (OS) komputer
|
4.1.1.
Menjelaskan
operasi dasar pada
Operating System (OS) komputer
4.1.2.
Menggunakan
operasi dasar pada
Operating System (OS) komputer
|
·
Tes Tertulis
·
Non Test
|
90’
|
·
Seperangkat komputer
·
Buku komputer
·
LCD (Menuliskan judul buku tanpa halaman, maka
dinamakan sumber,apabila lengkap disertai judul,pengarang & halaman maka
dinamakan bahan)
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Rasa Ingin Tahu
·
Teliti
·
Tanggung Jawab
·
Gemar Membaca
·
Mandiri
·
Demokratis
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/ Bahan
|
Nilai Karakter
|
Menggunakan Operasi
Dasar System (OS) komputer
|
4.2.
Melakukan setting peripheral pada Operating system
(OS) komputer
|
setting peripheral pada Operating system (OS) komputer
|
TM :
1.
Mencermati setting peripheral pada Operating
System (OS) komputer
2.
Mengenal cara-cara untuk men setting peripheral pada
Operating System (OS) komputer
3.
PT :
Menugaskan kepada siswa untuk men setting peripheral pada
Operating System (OS) komputer
KMTT :
Menugaskan kepada siswa untuk mencari literatur/sumber dari internet mengenai setting peripheral pada Operating system (OS) komputer
|
4.2.1.
Menjelaskan
setting peripheral
pada Operating
System (OS) komputer
4.2.2.
Melakukan
setting peripheral
pada Operating
System (OS) komputer
|
·
Tes Tertulis
·
Non Test
|
45’
90’
|
·
Seperangkat komputer
·
Buku komputer
·
LCD (Menuliskan judul buku tanpa halaman, maka
dinamakan sumber,apabila lengkap disertai judul,pengarang & halaman maka
dinamakan bahan)
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Rasa Ingin Tahu
·
Teliti
·
Tanggung Jawab
·
Gemar Membaca
·
Mandiri
·
Demokratis
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/ Bahan
|
Nilai Karakter
|
Menggunakan Operasi
Dasar System (OS) komputer
|
4.3.
Melakukan Manajemen File
|
Manajemen file atau dokumen ke dalam folder
|
TM :
1.
Mencermati pentingnya Manajemen File
2.
Mengenal cara-cara untuk
mengatur file dalam sebuah Aplikasi
PT :
Menugaskan
kepada siswa untuk mengatur file-file dalam sebuah Aplikasi
KMTT :
Menugaskan kepada siswa untuk mencari literatur/sumber dari internet mengenai Manajemen file atau dokumen ke dalam folder
|
4.3.1. Menjelaskan
Manajemen File
4.3.2. Menggunakan Manajemen File dalam sebuah Aplikasi
|
·
Tes Tertulis
·
Non Test
|
45’
|
·
Seperangkat komputer
·
Buku komputer
·
LCD (Menuliskan judul buku tanpa halaman, maka
dinamakan sumber,apabila lengkap disertai judul,pengarang & halaman maka
dinamakan bahan)
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Rasa Ingin Tahu
·
Teliti
·
Tanggung Jawab
·
Gemar Membaca
·
Mandiri
·
Demokratis
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/ Bahan
|
Nilai Karakter
|
Menggunakan
Perangkat Lunak Pengolah Kata
|
5.1.
Menunjukkan menu dan ikon yang terdapat pada perangkat
lunak pengolah kata
|
menu dan
ikon yang terdapat pada perangkat lunak pengolah kata
|
TM :
1.
Mencermati menu dan ikon yang terdapat pada perangkat lunak
pengolah kata
2.
Menguraikan
fungsi menu dan ikon yang
terdapat pada perangkat lunak pengolah kata
PT :
Menugaskan kepada siswa untuk Menguraikan fungsi menu dan ikon yang terdapat pada perangkat lunak
pengolah kata
KMTT :
Menugaskan kepada siswa untuk mencari literatur/sumber dari internet mengenai menu dan ikon yang
terdapat pada perangkat lunak pengolah kata
|
5.1.1
Mengidentifikasi
menu dan ikon yang terdapat pada perangkat lunak pengolah kata
5.1.2
Menjelaskan menu
dan ikon yang terdapat pada perangkat lunak pengolah kata
|
·
Tes Tertulis
·
Non Test
|
45’
|
·
Seperangkat komputer
·
Buku komputer
·
LCD (Menuliskan judul buku tanpa halaman, maka
dinamakan sumber,apabila lengkap disertai judul,pengarang & halaman maka
dinamakan bahan)
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Rasa Ingin Tahu
·
Teliti
·
Tanggung Jawab
·
Gemar Membaca
·
Mandiri
·
Demokratis
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/ Bahan
|
Nilai Karakter
|
Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata
|
5.2. Menggunakan menu ikon (Khususnya pada sebuah dokumen) yang
terdapat pada aplikasi pengolah kata
|
Menu dan
ikon (Khususnya pada sebuah dokumen) yang terdapat pada aplikasi pengolah
kata
|
TM
:
1.
Mencermati menu dan
ikon Khususnya pada sebuah dokumen yang terdapat pada aplikasi pengolah kata
2.
Mengenal cara menggunakan menu
dan ikon Khususnya pada sebuah dokumen yang terdapat pada aplikasi pengolah kata
PT :
Menugaskan kepada siswa untuk Menguraikan fungsi menu dan ikon yang terdapat pada perangkat lunak
pengolah kata
KMTT :
Menugaskan kepada siswa untuk mencari literatur/sumber dari internet mengenai menu dan
ikon yang terdapat pada perangkat lunak pengolah kata
|
5.2.1.
Menjelaskan menu
dan ikon Khususnya pada sebuah dokumen yang terdapat pada aplikasi pengolah
kata
5.2.2.
Menggunakan menu
dan ikon Khususnya pada sebuah dokumen yang terdapat pada perangkat lunak
pengolah kata
|
·
Tes Tertulis
·
Non Test
|
45’
90’
|
·
Seperangkat komputer
·
Buku komputer
·
LCD (Menuliskan judul buku tanpa halaman,
maka dinamakan sumber,apabila lengkap disertai judul,pengarang & halaman
maka dinamakan bahan)
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Rasa Ingin Tahu
·
Teliti
·
Tanggung Jawab
·
Gemar Membaca
·
Mandiri
·
Demokratis
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan
|
Nilai Karakter
|
Menggunakan
Perangkat Lunak Pengolah Kata
|
5.3.
Membuat dokumen pengolah kata dengan variasi tabel,
grafik, gambar dan diagram
|
Tabel, grafik, gambar dan diagram dalam Pengolah Kata
|
TM :
1.
Mencermati contoh dokumen pengolah kata dengan variasi tabel,
grafik, gambar dan diagram
2. Mengenal cara-cara Membuat dokumen pengolah kata dengan variasi tabel,
grafik, gambar dan diagram
PT :
Menugaskan kepada siswa untuk Membuat dokumen pengolah kata dengan variasi tabel,
grafik, gambar dan diagram
KMTT :
Menugaskan kepada siswa untuk mencari
literatur/sumber dari internet mengenai contoh Tabel, grafik, gambar dan diagram dalam Pengolah Kata
|
5.3.1
Menjelaskan contoh
dokumen pengolah kata dengan variasi tabel, grafik, gambar dan diagram
5.3.2.Membuat dokumen pengolah kata dengan variasi
tabel, grafik, gambar dan diagram
|
·
Tes Tertulis
·
Non Test
|
45’
90’
|
·
Seperangkat komputer
·
Buku komputer
·
LCD (Menuliskan judul buku tanpa halaman, maka
dinamakan sumber,apabila lengkap disertai judul,pengarang & halaman maka
dinamakan bahan)
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Rasa Ingin Tahu
·
Teliti
·
Tanggung Jawab
·
Gemar Membaca
·
Mandiri
·
Demokratis
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/ Bahan
|
Nilai Karakter
|
Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata
|
5.4.
Membuat Mail
Merge dengan dokumen pengolah kata
|
Mail Merge
|
TM :
1.
Mencermati contoh Mail Merge
2.
Mengenal cara-cara Membuat
Mail Merge menggunakan aplikasi Pengolah kata
PT :
Menugaskan kepada siswa untuk Membuat
Mail Merge dengan menggunakan aplikasi Pengolah kata
KMTT :
Menugaskan kepada siswa untuk mencari literatur/sumber dari
internet mengenai Mail Merge
|
5.4.1
Menjelaskan contoh Mail Merge
5.4.2Membuat
Mail Merge menggunakan aplikasi Pengolah kata
|
·
Tes Tertulis
·
Non Test
|
45’
90’
|
·
Seperangkat komputer
·
Buku komputer
·
LCD (Menuliskan judul buku tanpa halaman, maka dinamakan sumber,apabila
lengkap disertai judul,pengarang & halaman maka dinamakan bahan)
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Rasa Ingin Tahu
·
Teliti
·
Tanggung Jawab
·
Gemar Membaca
·
Mandiri
·
Demokratis
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan
|
Nilai Karakter
|
Menggunakan perangkat lunak
pengolah angka untuk menghasilkan informasi
|
6.1. Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam
perangkat lunak pengolah angka
|
Menu dan ikon yang terdapat
pada aplikasi pengolah angka
|
TM :
1. Mencermati menu dan
ikon Khususnya pada sebuah dokumen yang terdapat pada aplikasi pengolah kata
2. Mengenal cara menggunakan menu
dan ikon Khususnya pada sebuah dokumen yang terdapat pada aplikasi pengolah kata
PT :
Menugaskan kepada siswa untuk Menguraikan
fungsi menu dan ikon yang terdapat pada perangkat lunak
pengolah kata
KMTT :
Menugaskan kepada
siswa untuk mencari
literatur/sumber dari internet mengenai menu dan ikon yang terdapat
pada perangkat lunak pengolah kata
|
6.1.1.
Menjelaskan menu
dan ikon yang terdapat pada aplikasi pengolah angka
6.1.2.
Menggunakan menu
dan ikon aplikasi pengolah angka
|
·
Tes Tertulis
·
Non Test
|
45’
90’
|
·
Seperangkat komputer
·
Buku komputer
·
LCD (Menuliskan judul buku tanpa halaman, maka dinamakan sumber,apabila
lengkap disertai judul,pengarang & halaman maka dinamakan bahan)
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Rasa Ingin Tahu
·
Teliti
·
Tanggung Jawab
·
Gemar Membaca
·
Mandiri
·
Demokratis
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan
|
Nilai Karakter
|
Menggunakan
perangkat lunak pengolah angka untuk menghasilkan informasi
|
6.2
Membuat dokumen pengolah angka dengan teks, tabel, grafik, gambar dan
diagram
|
Tabel, grafik, gambar dan diagram dalam Pengolah Angka
|
TM :
1. Mencermati contoh dokumen pengolah angka
2. Mengenal cara-cara Membuat dokumen pengolah angka dengan variasi tabel,
grafik, gambar dan diagram
PT :
Menugaskan kepada siswa untuk Membuat dokumen pengolahangka dengan variasi tabel,
grafik, gambar dan diagram
KMTT :
Menugaskan kepada siswa untuk mencari
literatur/sumber dari internet mengenai contoh Tabel, grafik, gambar dan diagram dalam Pengolah Angka
|
6.2.1.
Menjelaskan contoh
dokumen dalam Pengolah Angka
6.2.2. Membuat dokumen pengolah angka dengan teks, tabel, grafik,
gambar dan diagram
|
·
Tes Tertulis
·
Non Test
|
45’
90’
|
·
Seperangkat komputer
·
Buku komputer
·
LCD (Menuliskan judul buku tanpa halaman,
maka dinamakan sumber,apabila lengkap disertai judul,pengarang & halaman
maka dinamakan bahan)
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Rasa Ingin Tahu
·
Teliti
·
Tanggung Jawab
·
Gemar Membaca
·
Mandiri
·
Demokratis
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/ Bahan
|
Nilai Karakter
|
Menggunakan
perangkat lunak pengolah angka untuk menghasilkan informasi
|
6.3
Mengolah dokumen pengolah angka dengan teks, tabel, grafik, gambar
dan diagram
|
Pengolahan angka (dalam bentuk teks, tabel, grafik,
gambar dan diagram)
|
TM :
1. Mencermati contoh pengolahan dokumen dalam pengolah angka
2. Mengenal cara-cara Membuat dokumen pengolah angka dengan variasi tabel,
grafik, gambar dan diagram
PT :
Menugaskan kepada siswa untuk Membuat dokumen pengolah angka dengan variasi tabel,
grafik, gambar dan diagram
KMTT :
Menugaskan kepada siswa untuk mencari
literatur/sumber dari internet mengenai contoh Tabel, grafik, gambar dan diagram dalam Pengolah Angka
|
6.3.1. Menjelaskan contoh pengolahan dokumen dalam
Pengolah Angka (dalam bentuk teks, tabel, grafik, gambar dan diagram)
6.3.2. Melakukan
pengolahan dokumen
pengolah angka dalam bentuk teks, tabel, grafik, gambar dan diagram
|
·
Tes Tertulis
·
Non Test
|
90’
90’
|
·
Seperangkat komputer
·
Buku komputer
·
LCD (Menuliskan judul buku tanpa halaman,
maka dinamakan sumber,apabila lengkap disertai judul,pengarang & halaman
maka dinamakan bahan)
|
·
Religius
·
Disiplin
·
Rasa Ingin Tahu
·
Teliti
·
Tanggung Jawab
·
Gemar Membaca
·
Mandiri
·
Demokratis
|