JANGAN BIARKAN KERINGAT KEDUA ORANGTUAMU MENGALIR SIA-SIA






SILABUS TIK SMA



Nama Sekolah         : SMA
Mata Pelajaran       :TIK                                                                                                                            
Semester/Angkatan  : 1/2012-2013
Program                     :                                                                                                                                                  
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan
Nilai Karakter
Melakukan operasi dasar komputer
1.1. Mengaktifkan dan mematikan komputer sesuai dengan prosedur yang benar



















Operasional Komputer sesuai dengan prosedur





















TM :
1.    Mencermati Perangkat computer sesuai dengan prosedur
2.    Mengenal cara-cara untuk Mengaktifkan & Mematikan komputer sesuai prosedur

PT :
Menugaskan kepada siswa untuk Mengaktifkan dan mematikan Notebook/netbook

KMTT :
Menugaskan kepada siswa untuk membaca Literatur dari Internet mengenai Operasional Komputer.

1.1.1.       Mengidentifikasi komputer sesuai dengan prosedur
1.1.2.       Mengaktifkan & Mematikan komputer sesuai prosedur











·   Tes Tertulis
·   Non Test
45’


45’

·   Seperangkat komputer
·   Buku komputer
·   LCD (Menuliskan judul buku tanpa halaman, maka dinamakan sumber,apabila lengkap disertai judul,pengarang & halaman maka dinamakan bahan)
·   Religius
·   Disiplin
·   Rasa Ingin Tahu
·   Teliti
·   Tanggung Jawab
·   Gemar Membaca
·   Mandiri
·   Demokratis




Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan
Nilai Karakter
Melakukan operasi dasar komputer
1.2. Menggunakan perangkat lunak beberapa program aplikasi



















Pengenalan macam-macam Perangkat Lunak





















TM :
1.     Mencermati macam-macam Perangkat Lunak
2.     Mengenal cara-cara untuk menggunakan perangkat lunak beberapa program aplikasi

PT :
Menugaskan kepada siswa untuk menggunakan perangkat lunak beberapa program aplikasi

KMTT :
Menugaskan kepada siswa untuk mencari literatur/sumber dari internet mengenai beberapa program aplikasi beserta fungsinya



1.1.1.   Menjelaskan definisi dari perangkat lunak
1.1.2.   Menggunakan Perangkat Lunak












·   Tes Tertulis
·   Non Test
45’


45’

·   Seperangkat komputer
·   Buku komputer
·   LCD (Menuliskan judul buku tanpa halaman, maka dinamakan sumber,apabila lengkap disertai judul,pengarang & halaman maka dinamakan bahan)
·   Religius
·   Disiplin
·   Rasa Ingin Tahu
·   Teliti
·   Tanggung Jawab
·   Gemar Membaca
·   Mandiri
·   Demokratis




Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan
Nilai Karakter
Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi

2.1. Mendeskripsikan fungsi, proses kerja komputer dan telekomunikasi serta berbagai peralatan teknologi dan informasi

·   Proses Kerja komputer
·   Pengenalan macam-macam perangkat Teknologi & Informasi


TM :
1.     Mencermati proses kerja computer
2.    Menguraikan proses kerja computer
3.    Mencermati macam-macam Perangkat TI
4.    Menguraikan fungsi-fungsi perangkat TI




PT :
Menugaskan kepada siswa untuk menguraikan proses kerja computer & fungsi-fungsi perangkat TI

KMTT :
Menugaskan kepada siswa untuk mencari literatur/sumber dari internet mengenai beberapa perangkat TI yang belum pernah dijelaskan

2.1.1.          Mengidentifikasi proses kerja computer
2.1.2.          Menjelaskan proses kerja computer
2.1.3.          Mengidentifikasi macam-macam Perangkat TI
2.1.4.          Menjelaskan fungsi-fungsi perangkat TI










·   Tes Tertulis
·   Non Test

45’


45’


45’


45’

·   Seperangkat komputer
·   Buku komputer
·   LCD (Menuliskan judul buku tanpa halaman, maka dinamakan sumber,apabila lengkap disertai judul,pengarang & halaman maka dinamakan bahan)
·   Religius
·   Disiplin
·   Rasa Ingin Tahu
·   Teliti
·   Tanggung Jawab
·   Gemar Membaca
·   Mandiri
·   Demokratis




Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan
Nilai Karakter
Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi

2.2.       Menjelaskan fungsi kerja dan cara kerja jaringan telekomunikasi (wireline, wireless, modem dan satelit)


·   Fungsi Jaringan Telekomunikasi
·   Cara Kerja Jaringan  Telekomunikasi


TM :
1.    Mencermati Fungsi Jaringan Telekomunikasi
2.    Menguraikan Fungsi Jaringan Telekomunikasi
3.    Mencermati Cara Kerja Jaringan  Telekomunikasi
4.    Menguraikan Cara Kerja Jaringan  Telekomunikasi


PT :
Menugaskan kepada siswa untuk menguraikan Fungsi Jaringan Telekomunikasi & Cara Kerja Jaringan  Telekomunikasi


KMTT :
Menugaskan kepada siswa untuk mencari literatur/sumber dari internet mengenai beberapa perangkat jaringan telekomunikasi yang belum pernah dijelaskan disertai fungsinya
2.2.1. Mengidentifikasi Fungsi Jaringan Telekomunikasi
2.2.2.   Menjelaskan Fungsi Jaringan Telekomunikasi
2.2.3.   Mengidentifikasi Cara Kerja Jaringan  Telekomunikasi
2.2.4.   Menjelaskan Cara Kerja Jaringan 










·   Tes Tertulis
·   Non Test



45’



45’



·   Seperangkat komputer
·   Buku komputer
·   LCD (Menuliskan judul buku tanpa halaman, maka dinamakan sumber,apabila lengkap disertai judul,pengarang & halaman maka dinamakan bahan)
·   Religius
·   Disiplin
·   Rasa Ingin Tahu
·   Teliti
·   Tanggung Jawab
·   Gemar Membaca
·   Mandiri
·   Demokratis




Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan
Nilai Karakter
Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi

2.3.    Mendemostrasikan fungsi dan cara kerja perangkat lunak  dan aplikasi teknologi informasi dan komunikasi

·   Fungsi Perangkat Lunak

·   Cara Kerja Perangkat Lunak


TM :
1.      Mencermati Fungsi Perangkat Lunak
2.      Menguraikan Fungsi Perangkat Lunak
3.      Menguraikan Cara Kerja perangkat lunak
4.     Mengenal cara-cara untuk menggunakan Perangkat Lunak


PT :
Menugaskan kepada siswa untuk menggunakan beberapa Perangkat Lunak

KMTT :
Menugaskan kepada siswa untuk mencari literatur/sumber dari internet mengenai beberapa perangkat lunak Microsoft Office disertai fungsinya.
2.3.1. Mengidentifikasi Fungsi Perangkat Lunak
 2.3.2.   Menjelaskan Fungsi Perangkat Lunak
2.3.3.       Menjelaskan cara kerja perangkat lunak
2.3.4.       Menggunakan Perangkat Lunak









·   Tes Tertulis
·   Non Test



45’



45’



·   Seperangkat komputer
·   Buku komputer
·   LCD (Menuliskan judul buku tanpa halaman, maka dinamakan sumber,apabila lengkap disertai judul,pengarang & halaman maka dinamakan bahan)
·   Religius
·   Disiplin
·   Rasa Ingin Tahu
·   Teliti
·   Tanggung Jawab
·   Gemar Membaca
·   Mandiri
·   Demokratis




Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan
Nilai Karakter
Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi


3.1.    Menerapkan aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap perangkat keras dan perangkat lunak

Etika & Moral terhadap perangkat keras dan perangkat lunak

TM :
1.    Mencermati pentingnya Etika & Moral terhadap perangkat keras dan perangkat lunak
2.    Menguraikan pentingnya Etika & Moral terhadap perangkat keras dan perangkat lunak

PT :
Menugaskan kepada siswa untuk Menguraikan pentingnya Etika & Moral terhadap perangkat keras dan perangkat lunak 

KMTT :
Menugaskan kepada siswa untuk mencari literatur/sumber dari internet mengenai etika & Moral terhadap penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak 
3.1.1.  Mengidentifikasi Etika & Moral terhadap perangkat keras dan perangkat lunak
 3.1.2.  Menjelaskan Etika & Moral terhadap perangkat keras dan perangkat lunak











·   Tes Tertulis
·   Non Test

45’














·   Seperangkat komputer
·   Buku komputer
·   LCD (Menuliskan judul buku tanpa halaman, maka dinamakan sumber,apabila lengkap disertai judul,pengarang & halaman maka dinamakan bahan)
·   Religius
·   Disiplin
·   Rasa Ingin Tahu
·   Teliti
·   Tanggung Jawab
·   Gemar Membaca
·   Mandiri
·   Demokratis







Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan
Nilai Karakter
Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi

3.2. Memperagakan prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

Prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

TM :
1.       Mencermati prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
2.       Menguraikan prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)


PT :
Menugaskan kepada siswa untuk  menguraikan prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

KMTT :
Menugaskan kepada siswa untuk mencari literatur/sumber dari internet mengenai  prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

3.2.1. Mengidentifikasi prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
3.2.2.   Menjelaskan prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)










·   Tes Tertulis
·   Non Test


45’




90’







·   Seperangkat komputer
·   Buku komputer
·   LCD (Menuliskan judul buku tanpa halaman, maka dinamakan sumber,apabila lengkap disertai judul,pengarang & halaman maka dinamakan bahan)
·   Religius
·   Disiplin
·   Rasa Ingin Tahu
·   Teliti
·   Tanggung Jawab
·   Gemar Membaca
·   Mandiri
·   Demokratis




Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan
Nilai Karakter
Memahami ketentuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi

3.3. Menghargai pentingnya hak cipta atas Kekayaan intelektual (HAKI)

Hak cipta atas Kekayaan intelektual (HAKI)

TM :
1.    Mencermati Hak cipta atas Kekayaan intelektual (HAKI)
2.    Menguraikan Hak cipta atas Kekayaan intelektual (HAKI)


PT :
Menugaskan kepada siswa untuk  menguraikan Hak cipta atas Kekayaan intelektual (HAKI)

KMTT :
Menugaskan kepada siswa untuk mencari literatur/sumber dari internet mengenai  Hak Cipta, Hak Paten dll.

3.3.1. Mengidentifikasi Hak cipta atas Kekayaan intelektual (HAKI)
3.3.2.Menjelaskan Hak cipta atas Kekayaan intelektual (HAKI)










·   Tes Tertulis
·   Non Test


45’




90’







·   Seperangkat komputer
·   Buku komputer
·   LCD (Menuliskan judul buku tanpa halaman, maka dinamakan sumber,apabila lengkap disertai judul,pengarang & halaman maka dinamakan bahan)
·   Religius
·   Disiplin
·   Rasa Ingin Tahu
·   Teliti
·   Tanggung Jawab
·   Gemar Membaca
·   Mandiri
·   Demokratis



Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan
Nilai Karakter
Menggunakan Operasi Dasar System (OS) komputer

4.1.    Melakukan operasi dasar pada Operating  System (OS) komputer

Operasi dasar pada Operating  System (OS) komputer

TM :
1.    Mencermati operasi dasar pada Operating  System (OS) komputer
2.    Mengenal cara-cara untuk Menggunakan operasi dasar pada Operating  System (OS) komputer



PT :
Menugaskan kepada siswa untuk  Menggunakan operasi dasar pada Operating  System (OS) komputer

KMTT :
Menugaskan kepada siswa untuk mencari literatur/sumber dari internet mengenai  operasi dasar pada Operating  System (OS) komputer
4.1.1.     Menjelaskan operasi dasar pada Operating  System (OS) komputer
4.1.2.     Menggunakan operasi dasar pada Operating  System (OS) komputer











·   Tes Tertulis
·   Non Test

90’







·   Seperangkat komputer
·   Buku komputer
·   LCD (Menuliskan judul buku tanpa halaman, maka dinamakan sumber,apabila lengkap disertai judul,pengarang & halaman maka dinamakan bahan)
·   Religius
·   Disiplin
·   Rasa Ingin Tahu
·   Teliti
·   Tanggung Jawab
·   Gemar Membaca
·   Mandiri
·   Demokratis




Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan
Nilai Karakter
Menggunakan Operasi Dasar System (OS) komputer

4.2.    Melakukan setting peripheral pada Operating system (OS) komputer

setting peripheral pada Operating system (OS) komputer

TM :
1.       Mencermati setting peripheral pada Operating  System (OS) komputer
2.       Mengenal cara-cara untuk men setting peripheral pada Operating  System (OS) komputer
3.        


PT :
Menugaskan kepada siswa untuk men setting peripheral pada Operating  System (OS) komputer  

KMTT :
Menugaskan kepada siswa untuk mencari literatur/sumber dari internet mengenai  setting peripheral pada Operating system (OS) komputer

4.2.1.     Menjelaskan setting peripheral pada Operating  System (OS) komputer
4.2.2.     Melakukan setting peripheral pada Operating  System (OS) komputer











·   Tes Tertulis
·   Non Test

45’




90’







·   Seperangkat komputer
·   Buku komputer
·   LCD (Menuliskan judul buku tanpa halaman, maka dinamakan sumber,apabila lengkap disertai judul,pengarang & halaman maka dinamakan bahan)
·   Religius
·   Disiplin
·   Rasa Ingin Tahu
·   Teliti
·   Tanggung Jawab
·   Gemar Membaca
·   Mandiri
·   Demokratis




Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan
Nilai Karakter
Menggunakan Operasi Dasar System (OS) komputer

4.3.    Melakukan Manajemen File

Manajemen file atau dokumen ke dalam folder

TM :
1.    Mencermati pentingnya Manajemen File
2.    Mengenal cara-cara untuk mengatur  file dalam sebuah Aplikasi

PT :
Menugaskan kepada siswa untuk mengatur  file-file dalam sebuah Aplikasi

KMTT :
Menugaskan kepada siswa untuk mencari literatur/sumber dari internet mengenai  Manajemen file atau dokumen ke dalam folder

4.3.1.  Menjelaskan Manajemen File
4.3.2. Menggunakan Manajemen File dalam sebuah Aplikasi











·   Tes Tertulis
·   Non Test

45’







·   Seperangkat komputer
·   Buku komputer
·   LCD (Menuliskan judul buku tanpa halaman, maka dinamakan sumber,apabila lengkap disertai judul,pengarang & halaman maka dinamakan bahan)
·   Religius
·   Disiplin
·   Rasa Ingin Tahu
·   Teliti
·   Tanggung Jawab
·   Gemar Membaca
·   Mandiri
·   Demokratis




Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan
Nilai Karakter
Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata

5.1. Menunjukkan menu dan ikon yang terdapat pada perangkat lunak pengolah kata

menu dan ikon yang terdapat pada perangkat lunak pengolah kata

TM :
1.      Mencermati menu dan ikon yang terdapat pada perangkat lunak pengolah kata
2.      Menguraikan fungsi menu dan ikon yang terdapat pada perangkat lunak pengolah kata

PT :
Menugaskan kepada siswa untuk Menguraikan fungsi menu dan ikon yang terdapat pada perangkat lunak pengolah kata

KMTT :
Menugaskan kepada siswa untuk mencari literatur/sumber dari internet mengenai  menu dan ikon yang terdapat pada perangkat lunak pengolah kata
5.1.1           Mengidentifikasi menu dan ikon yang terdapat pada perangkat lunak pengolah kata
5.1.2           Menjelaskan menu dan ikon yang terdapat pada perangkat lunak pengolah kata












·   Tes Tertulis
·   Non Test

45’







·   Seperangkat komputer
·   Buku komputer
·   LCD (Menuliskan judul buku tanpa halaman, maka dinamakan sumber,apabila lengkap disertai judul,pengarang & halaman maka dinamakan bahan)
·   Religius
·   Disiplin
·   Rasa Ingin Tahu
·   Teliti
·   Tanggung Jawab
·   Gemar Membaca
·   Mandiri
·   Demokratis




Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan
Nilai Karakter
Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata

5.2. Menggunakan menu ikon  (Khususnya pada sebuah dokumen) yang terdapat pada aplikasi pengolah kata

Menu dan ikon (Khususnya pada sebuah dokumen) yang terdapat pada aplikasi pengolah kata

TM :
1.    Mencermati menu dan ikon Khususnya pada sebuah dokumen yang terdapat pada aplikasi pengolah kata
2.     Mengenal cara menggunakan menu dan ikon Khususnya pada sebuah dokumen yang terdapat pada aplikasi  pengolah kata
PT :
Menugaskan kepada siswa untuk Menguraikan fungsi menu dan ikon yang terdapat pada perangkat lunak pengolah kata

KMTT :
Menugaskan kepada siswa untuk mencari literatur/sumber dari internet mengenai  menu dan ikon yang terdapat pada perangkat lunak pengolah kata




5.2.1.         Menjelaskan menu dan ikon Khususnya pada sebuah dokumen yang terdapat pada aplikasi pengolah kata
5.2.2.         Menggunakan menu dan ikon Khususnya pada sebuah dokumen yang terdapat pada perangkat lunak pengolah kata










·   Tes Tertulis
·   Non Test


45’






90’







·   Seperangkat komputer
·   Buku komputer
·   LCD (Menuliskan judul buku tanpa halaman, maka dinamakan sumber,apabila lengkap disertai judul,pengarang & halaman maka dinamakan bahan)
·   Religius
·   Disiplin
·   Rasa Ingin Tahu
·   Teliti
·   Tanggung Jawab
·   Gemar Membaca
·   Mandiri
·   Demokratis
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan
Nilai Karakter
Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata

5.3.  Membuat dokumen pengolah kata dengan variasi tabel, grafik, gambar dan diagram
Tabel, grafik, gambar dan diagram dalam Pengolah Kata

TM :
1.   Mencermati contoh dokumen pengolah kata dengan variasi tabel, grafik, gambar dan diagram
2.   Mengenal cara-cara  Membuat dokumen pengolah kata dengan variasi tabel, grafik, gambar dan diagram

PT :
Menugaskan kepada siswa untuk Membuat dokumen pengolah kata dengan variasi tabel, grafik, gambar dan diagram

KMTT :
Menugaskan kepada siswa untuk mencari literatur/sumber dari internet mengenai contoh Tabel, grafik, gambar dan diagram dalam Pengolah Kata

5.3.1 Menjelaskan contoh dokumen pengolah kata dengan variasi tabel, grafik, gambar dan diagram
5.3.2.Membuat dokumen pengolah kata dengan variasi tabel, grafik, gambar dan diagram












·   Tes Tertulis
·   Non Test
45’








90’







·   Seperangkat komputer
·   Buku komputer
·   LCD (Menuliskan judul buku tanpa halaman, maka dinamakan sumber,apabila lengkap disertai judul,pengarang & halaman maka dinamakan bahan)
·   Religius
·   Disiplin
·   Rasa Ingin Tahu
·   Teliti
·   Tanggung Jawab
·   Gemar Membaca
·   Mandiri
·   Demokratis




Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan
Nilai Karakter
Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata

5.4.  Membuat Mail Merge dengan dokumen  pengolah kata

Mail Merge

TM :
1.       Mencermati contoh Mail Merge
2.       Mengenal cara-cara  Membuat Mail Merge menggunakan aplikasi Pengolah kata
 PT :
Menugaskan kepada siswa untuk Membuat Mail Merge dengan menggunakan aplikasi Pengolah kata
KMTT :
Menugaskan kepada siswa untuk mencari literatur/sumber dari internet mengenai Mail Merge
5.4.1 Menjelaskan contoh  Mail Merge
5.4.2Membuat Mail Merge menggunakan aplikasi Pengolah kata












·   Tes Tertulis
·   Non Test
45’


90’
·   Seperangkat komputer
·   Buku komputer
·   LCD (Menuliskan judul buku tanpa halaman, maka dinamakan sumber,apabila lengkap disertai judul,pengarang & halaman maka dinamakan bahan)
·   Religius
·   Disiplin
·   Rasa Ingin Tahu
·   Teliti
·   Tanggung Jawab
·   Gemar Membaca
·   Mandiri
·   Demokratis




Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan
Nilai Karakter
Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menghasilkan informasi

6.1.  Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka


Menu dan ikon yang terdapat pada aplikasi pengolah angka


TM :
1.  Mencermati menu dan ikon Khususnya pada sebuah dokumen yang terdapat pada aplikasi pengolah kata
2.   Mengenal cara menggunakan menu dan ikon Khususnya pada sebuah dokumen yang terdapat pada aplikasi  pengolah kata
PT :
Menugaskan kepada siswa untuk Menguraikan fungsi menu dan ikon yang terdapat pada perangkat lunak pengolah kata

KMTT :
Menugaskan kepada siswa untuk mencari literatur/sumber dari internet mengenai  menu dan ikon yang terdapat pada perangkat lunak pengolah kata

6.1.1.         Menjelaskan menu dan ikon yang terdapat pada aplikasi pengolah angka
6.1.2.         Menggunakan menu dan ikon aplikasi pengolah angka













·   Tes Tertulis
·   Non Test
45’





90’







·   Seperangkat komputer
·   Buku komputer
·   LCD (Menuliskan judul buku tanpa halaman, maka dinamakan sumber,apabila lengkap disertai judul,pengarang & halaman maka dinamakan bahan)
·   Religius
·   Disiplin
·   Rasa Ingin Tahu
·   Teliti
·   Tanggung Jawab
·   Gemar Membaca
·   Mandiri
·   Demokratis




Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan
Nilai Karakter
Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menghasilkan informasi

6.2  Membuat dokumen pengolah angka dengan teks, tabel, grafik, gambar dan diagram


Tabel, grafik, gambar dan diagram dalam Pengolah Angka


TM :
1. Mencermati contoh dokumen pengolah angka
2. Mengenal cara-cara  Membuat dokumen pengolah angka dengan variasi tabel, grafik, gambar dan diagram

PT :
Menugaskan kepada siswa untuk Membuat dokumen pengolahangka dengan variasi tabel, grafik, gambar dan diagram

KMTT :
Menugaskan kepada siswa untuk mencari literatur/sumber dari internet mengenai contoh Tabel, grafik, gambar dan diagram dalam Pengolah Angka

6.2.1. Menjelaskan contoh dokumen dalam Pengolah Angka
6.2.2. Membuat dokumen pengolah angka dengan teks, tabel, grafik, gambar dan diagram













·   Tes Tertulis
·   Non Test
45’





90’







·   Seperangkat komputer
·   Buku komputer
·   LCD (Menuliskan judul buku tanpa halaman, maka dinamakan sumber,apabila lengkap disertai judul,pengarang & halaman maka dinamakan bahan)
·   Religius
·   Disiplin
·   Rasa Ingin Tahu
·   Teliti
·   Tanggung Jawab
·   Gemar Membaca
·   Mandiri
·   Demokratis




Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan
Nilai Karakter
Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menghasilkan informasi

6.3  Mengolah dokumen pengolah angka dengan teks, tabel, grafik, gambar dan diagram

Pengolahan angka (dalam bentuk teks, tabel, grafik, gambar dan diagram)

TM :
1. Mencermati contoh pengolahan dokumen dalam pengolah  angka
2. Mengenal cara-cara  Membuat dokumen pengolah angka dengan variasi tabel, grafik, gambar dan diagram

PT :
Menugaskan kepada siswa untuk Membuat dokumen pengolah angka dengan variasi tabel, grafik, gambar dan diagram

KMTT :
Menugaskan kepada siswa untuk mencari literatur/sumber dari internet mengenai contoh Tabel, grafik, gambar dan diagram dalam Pengolah Angka

6.3.1.  Menjelaskan contoh pengolahan dokumen dalam Pengolah Angka (dalam bentuk teks, tabel, grafik, gambar dan diagram)
6.3.2.  Melakukan pengolahan dokumen pengolah angka dalam bentuk teks, tabel, grafik, gambar dan diagram

·   Tes Tertulis
·   Non Test
90’





90’







·   Seperangkat komputer
·   Buku komputer
·   LCD (Menuliskan judul buku tanpa halaman, maka dinamakan sumber,apabila lengkap disertai judul,pengarang & halaman maka dinamakan bahan)
·   Religius
·   Disiplin
·   Rasa Ingin Tahu
·   Teliti
·   Tanggung Jawab
·   Gemar Membaca
·   Mandiri
·   Demokratis

Copyright©2013. Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © 2012 DASHTemplate by : UrangkuraiPowered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.