JANGAN BIARKAN KERINGAT KEDUA ORANGTUAMU MENGALIR SIA-SIA






Materi Tentang Sel


   
KOMPETENSI DASAR : 1.1.Mendeskripsikan komponen kimiawai sel, struktur dan fungsi sel
                                                    Sebagai unit terkecil kehidupan.

INDIKATOR: 1.Menjelaskan komponen   kimia sel.
 2.Menggunakan  mikroskop untuk  pengamatan struktur sel segar dan awetan sel
                                 hewan dan tumbuhan
                         3.Menggambarkan  struktur sel hewan dan  sel tumbuhan hasil  pengamatan.
                         4.Menunjukkan bagian-bagian sel berdasarkan  gambar.
                         5. Menjelaskan struktur  bagian-bagian sel beserta fungsinya

MATERI :1.Komponen Kimiawi Sel Struktur kimia sel tersusun atas karbohidrat, lemak dan protein.
  2.Struktur sel dan fungsinya. Sel sebagai unit terkecil makhluk hidup secara struktural dan 
     fungsionalSeLterdiri dari membran plasma, sitoplasma, nukleus dan organel-organel yang
      masing-masing mempunyai fungsi khusus .

A.TEORI SEL.
Mempelajari dunia kehidupan tidak terlepas dari pengetahuan tentang hirarki biologi. Hirarki biologi dari suatu makhluk hidup berturut-turut terdiri atas : Molekul-----Sel-----Jaringan-----Sistem organ-----Organ-----Organisme. Dalam hirarki biologi, sel merupakan unit terkecil dari kehidupan yang melakukan aktivitas kehidupan. Sel tidak hanya sebagai penyususun suatu organism, tetapi lebih kompleks lagi karena sel dapat melakukan fungsi yang dilakukan oleh organism.
Penemu-Penemu teori sel :
1.ROBERT HOOKE (Inggris, 1635-1703), dalam sayatan gabus terdapat ruangan-ruangan atau kamar kecil yang dipisahkan oleh dinding tebal menyerupai sarang lebah.
2.ANTONY VAN LEEUWENHOEK (Belanda, 1632-1723), pada rendaman jerami terdapat benda hidup yang sangat kecil.
3.JEAN BAPTISTE DE LAMARK (Perancis, 1744-1829), menyatakan bahwa setiap makhluk hidup merupakan kumpulan sel dan didalam setiap sel bergerak cairan yang kompleks.
4.SCHLEIDEN (Jerman, 1804-1881) dan T.SCHWAN (1810-1882), Schleiden anatomi tumbuhan dan T.Schwan anatomi hewan. Keduanya berpendapat setiap tubuh tumbuhan dan hewan tersusun dari sel.
5.FELIK DUJARDIN (Jerman 1835), menyatakan bagian terpenting dari sel hidup adalah Cairan yang selalu terdapat dalam didalam setiap sel hidup (Protoplasma).
6.JOHANES PURKINJE dan HUGO VAN MOHL (1840) menggunakan istilah Protoplasma untuk memberikan nama pada substansi yang hidup dalam sel.
7.MAX SLTE (1825-1877), berpendapat Protoplasma merupakan struktur dari dari makhluk hidup yang melangsungkan seluruh proses makhluk hidup
8.RUDOLF VIRCHOW (1858), menyatakan bahwa setiap sel berasal dari sel yang ada sebelumnya (OMNIS CELLULA E CELLULA).
9.ROBERT BROWN dan C.BERNARD, menyatakan bahwa setiap inti sel berasal dari inti sel sebelumnya yang terbentuk lewat pembelahan. Menurut BERNARD bahwa inti sel mengatur pekerjaan sel dan merupakan struktur terpenting.
Para ilmuwan kemudian mengetahui jika didalam NUKLEUS (Inti Sel) terdapat KROMOSOM dan GEN sebagai unit pewarisan sifat keturunan. Kemudian muncul teori sel yang baru sel merupakan unit HEREDITAS. Sehingga disimpulkan bahwa SEL merupakan unit yang STRUKTURAN dan FUNGSIONAL dan Pertumbuhan makhluk hidup.
B.KOMPONEN KIMIAWI SEL
Sel merupakan bahan kimia untuk membentuk sitoplasma baru dan untuk menghasilkan energy,semua sel tersusun atas:
1.AIR.
Air adalah salah satu unsure terpenting dan merupakan bagian terbesar penyusun protoplasma sel, dan air merupakan pelarut bahan-bahan anorganik. Molekul air berperan dalam reaksi kimia misal pada tumbuhan air dan karbo dioksida diperlukan untuk membentu gula (Karbohidrat) pada hewan air membantu penguraian dan pelarutan molekul makanan.
2.PROTEIN.

Protein merupakan penyusun protoplasma kedua dan protein yang terdapat didalam sel dikelompokkan menjadi protein structural dan protein fungsional. Protein structural untuk menyusun organel sel, misal membrane sel, mitokondria, ribosom,dan kromosom. Protein fungsional meliputi enzim-enzim tedapat di membrane misalnya (mitokondria, vakuola dan sitoplasma)   enzim mengatur reaksi kimia dan menjaga sel tetap hidup. Protein Fungsional juga berperan dalam transport melewati membrane. Molekul protein tersusun atas polimer ASAM AMINO yang membentuk PEPTIDA.
3.LEMAK.



Meskipun jumlahnya di dalam protoplasma relative sedikit lemak memiliki peran penting dalam pembentukan membrane sel dan struktur membrane di dalam sel. Satu molekul lemak tersusun atas tiga molekul asam lemak dan satu molekul gliserol (Triasil gliserol)
4.KARBOHIDRAT.
Jumlah karbohidrat didalam sel kira-kira hanya satu persen. tetapi karbohidrat merupakan penyusun terbesar makanan hewan. Didalam sel- sel karbohidrat memiliki daya ubah dan manfaat yang tinggi sebagai energy untuk metabolism sel. Pada sel tumbuhan tidak hanya berperan sebagai sumber energy tetapi juga berperan sebagaI UNSUR STRUKTURAL yaitu pembentuk dinding sel.
Semua karbohidrat hanya mengandung karbon, hydrogen dan ogsigen dan umunya terdapat dalam bentuk gula sederhana. Gula sederhana memiliki satu cincin karbon (Monosakarida), contohnya glukosa -dan fruktosa, dan dua molekul gula sederhana (Disakarida), contohnya maltose dan sukrosa. Gabungan molekul gula sederhana (Polisakarida), contohnya glikogen, amilum, dan selulosa.
5.GARAM-GARAM.
Garam terdapat dalam sel dalam bentuk ion-ion, misalnya natrium klorida ion tersebut bergerak bebas di dalam sel atau melekat pada molekul lain seperti protein dan lemak ion berfungsi membantu stabilitas pH dan mengatur tekanan osmosis sel.
6.VITAMIN.
Vitamin atau bahan turunannya berperan dalam reaksi kimia di dalam sel, contohnya reksi transfer energy dari satu senyawa menjadi senyawa lain. Tumbuhan dapat membentuk vitamin-vitamin sendiri, sedangkan hewan memperoleh vitamin dalam bentuk jadi.




NO.
NAMA ORGANEL SEL
FUNGSI ORGANEL SEL
1.
Silia
Bulu-bulu halus
2.
Lisosom
Organel berbentuk gelembung yang mengandung bermacam enzim dan berfungsi sebagai
3.
Sentriol
Organel yang terdiri atas dua mikrotubulus, berfungsi sebagai pembelahan sel yaitu organel yang membentuk benang spindle.
4.
Mikrotubulus
Tabung-tabung halus dari protein berfungsi dalam pergerakan sel.
5.
Aparatus Golgi
Organ berupa tumpukan kantong pipih yang dibatasi membrane berfungsi tempat pembentukan Karbohidrat yang akan digabungkan dengan protein
6.
R.E Halus
Saluran yg banyak terdapat enzim, berfungsi proses sintesis lemak dan glikogen dan persenyawaan STEROID seperti Kolesterol.
7.
Membran Nuklesus
Selaput pelindung Nukleus
8.
Ribosom
Partikel Nukleoprotein yang tersusun atas Ribonukleat ribosom, fungsi tempat sintesa protein.
9.
Kromatin
Serabut halus seperti benang yang terdiri atas molekul AND,berfungsi sebagai pembawa informasi genetic.
10.
Nukleus
Anak inti berbentuk bulat berfungsi sebagai Organisator serta pembuat RNA dan mengandung DNA dan matriks yang disebut NUKLEOSOM
11.
Sitoplasma
, Bagian dalam sel (kecuali membrane plasma dan Nukleus), dan bersifat KOLOID.
12.
Membran Sel
Bagian terluas tempat keluar masuknya zat fungsi sebagai rseptor dan pengendali transportasi zat.
13.
Mitokondria
Organel tempat berlangsungnya Respirasi Anaerobik

R.E. Kasar.
Saluran tabung berlipat berfungsi menghubungkan Nukleus dengan membrane plasma.

4.STRUKTUR DAN FUNGSI SEL :
1.SILIA
2.MEMBRAN SEL, Bagian terluas tempat keluar masuknya zat fungsi sebagai rseptor dan pengendali transportasi zat.
3.SITOPLASMA, Bagian dalam sel (kecuali membrane plasma dan Nukleus), dan bersifat KOLOID.

4.RIBOSOM. Partikel Nukleoprotein yang tersusun atas Ribonukleat ribosom, fungsi tempat sintesa protein.
5.R.E Kasar, Saluran halus ber
6.MEMBRAN NUKLEUS, Selaput pelindung Nukleus
7.APARATUS GOLGI, Organ berupa tumpukan kantong pipih yang dibatasi membrane berfungsi tempat pembentukan Karbohidrat yang akan digabungkan dengan protein.
8.MIKROTUBULUS, Tabung-tabung halus dari protein berfungsi dalam pergerakan sel.
 9.SENTRIOL, Sepasang benda mikro berbentuk tabung dekat Nukleus yang mengandung mikrotubulus yaitu bahan untuk membinasakan rangka sel (SITOSKELET).
10.SENTRIOL, Bulatan/batang kecil yang terdapat pada sel istirahat dan berperan dalam pembelahan sel.
11.LISOSOM, Organel berbentuk gelembung yang mengandung bermacam enzim dan berfungsi sebagai penguraian molekul secara (ENDOSITOSIS dan EKSOSITOSIS) dan AUTOLISIS (Kehancuran).
12.MITOKONDRIA, Organel tempat berlangsungnya Respirasi Anaerobik
13.NUKLEOLUS, Anak inti berbentuk bulat berfungsi sebagai Organisator serta pembuat RNA dan mengandung DNA dan matriks yang disebut NUKLEOSOM.













0 komentar:

Posting Komentar

Copyright©2013. Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © 2012 DASHTemplate by : UrangkuraiPowered by Blogger.Please upgrade to a Modern Browser.